Pengertian Object, Class, Attribute dan Method Pada Java
1.Object
Object adalah Semua hal yang ada
dalam dunia nyata, baik konkrit maupun abstrak.
Contoh object konkrit : rumah,
sekolah, dosen, mahasiswa, dll.
Contoh object abstrak : mata
kuliah, penjadwalan, dll
Ciri-ciri object :
Objek memiliki status (state) dan
tingkah laku (behavior)
Status (state) disebut juga
dengan atribut
Contoh
objek : objek mobil x
–
Atribut : merek, warna, bahan bakar
–
Method : maju, mundur, pindah persnelling, kecepatan bertambah, dll
Pada OOP : status disimpan dalam
variabel, dan tingkah laku disimpan dalam method
Membuat object
Untuk membuat object, kita
menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan dibuat sebagai
instance dari class tersebut.
Struktur dasar pendeklarasian
object yang mereferensikan suatu class.
[modifier] TipeData NamaObjek = new TipeData();
String Str = new String();
Random rand = new Random();
Pegawai pgw = new Pegawai();
Date tanggal = new Date();
2.Class
Class merupakan suatu blueprint
atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga
merupakan grup suatu object
dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle,
Tree, Fruit dan lain-lain.
Struktur dasar pendeklarasian
Class
[modifier1] class NamaClass [modifier2]
{ Statments in Class Body
}
- Classbody terdiri dari 0 atau 1 atau beberapa attribute, minimal sebuah constructor, dan minimal sebuah method
- Classbody terdiri dari 0 atau 1 atau beberapa atribut, minimal sebuah constructor , dan minimal sebuah method
- Modifier1 dapat menggunakan :
- Modifier akses (public, protected, default, private)
- Final
- Static
- Abstract
- Synchronized
- Native
- Storage (transient, volatile)
Modifier2 digunakan apabila suatu
class memanfaatkan (extends) class lain atau mengimplementasikan (implements) interface
lain
Beberapa cara memanfaatkan class
lain, yaitu :
- Dengan instansiasi objek class lain
- Dengan extends class lain
- Dengan implements interface lain
- Class lain menjadi tipe data attribute dari class yang dimanfaatkan
- Class lain menjadi tipe data parameter dari class yang dimanfaatkan
- Class lain menjadi tipe data return value dari class yang dimanfaatkan
3.Attribut
Attributes merupakan nilai data yang terdapat pada suatu
object yang berasal dari class. Attributes merepresentasikan karakteristik dari
suatu object.
Struktur Dasar
[modifier] tipedata NamaVariabel;
[public] [static] final tipedata Nama_Konstanta = nilai;
4.Method
Apa saja yang dapat dilakukan /
dialami oleh suatu objek, jika bersifat static berarti dilakukan oleh semua
objek dalam kelas tersebut.
Struktur Dasar
[modifier] tipe_return_value NamaMethod ([tipe] [parameter]) [throws namaClassEksepsi] {
methodbody;
}
Struktur Dasar Method main()
[modifier] tipe_return_value main (String args []) { methodbody;}
Ada lima sintaks pemanggilan method :
- namaObjek.namaMethod ([argument]);
- namaClass.namaMethod ([argument]);
- super.namaMethod ([argument]);
- this.namaMethod ([argument]);
- namaMethod ([nilaiParamenter]);
Tidak semua member (class,
attribute, constructor, dan method) dapat diakses method lain, berikut
aturannya :
Method yang mengakses
|
Member yang diakses
|
Diluar class yang
diakses
|
Static :
|
Yang extend
|
Memakai super (cara
3)
|
Yang tidak extend
|
Memakai object/class
(cara 1 & 2)
|
Di dalam class yang
diakses
|
Boleh langsung (cara
2 & 3)
|
Static
|
Non static :
|
Di luar class yang
diakses
|
Lewat objek (cara 1)
|
Di dalam class yang
diakses
|
Lewat objek (cara 1)
|
Non static :
|
Non static :
|
Di luar class yang
diakses
|
Lewat objek (cara 1)
|
Di dalam class yang
diakses
|
Memakai this (cara 4)
|
Sumber : dari berbagai sumber
Semoga bermanfaat
XII RPL-A SMKN2 KARANGANYAR